Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education Dengan Model Numbered Head Together Dan Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen pada siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Author: Irwanti, Cahyani Gama
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/30113/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/7/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/8/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/11/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30113/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar, (2) adanya pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi antara model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament ditinjau dari keaktifan siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini, semua siswa kelas X SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dua kelas, yaitu X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dikenai pendekatan realistik Numbered Head Together dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dikenai pendekatan realistik Teams Games Tournament. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan realistik Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika, dengan FA = 4, 267 (2) Ada pengaruh perbedaan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB = 9,171 (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 0,10542.