Pengembangan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita tentang hasil amatan ketika tamasya pada anak kelompok a semester ii tk sinar kasih sangup, musuk, boyolali Tahun ajaran 2013/2014

Main Author: LESTARI, LESTARI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/30105/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30105/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Sinar Kasih sangup, Musuk, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Sinar Kasih Sangup, dengan jumlah 15 anak, laki-laki 5 dan perempuan 10 anak. Data ini dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pengembangan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita tentang hasil amatan ketika tamasya dapat berkembang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa. Kondisi awal/ pra siklus 43,3%, siklus I berkembang menjadi 68,5% dan kondisi pasca siklus II berkembang menjadi 80%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sebesar 42%. Jadi kesimpulannya adalah pengembangan kemampuan berbahasa dapat dilakukan melalui metode bercerita tentang hasil amatan ketika tamasya pada anak kelompok A semester II TK Sinar Kasih Sangup, Musuk, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014.