Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(Tgt)( PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Semester Genap, Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: ANSHORI, MUHAMMAD ISA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/30090/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/4/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/6/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/7/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/30090/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens siswa kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas, sumber data guru dan siswa. Siswa kelas VII A sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 30 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Keberanian siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 5 siswa (16,67%), setelah tindakan menjadi 21 siswa (70,00%); (2) Keberanian siswa mengungkapkan pendapat sebelum tindakan ada 7 siswa (23,33%), setelah tindakan menjadi 16 siswa (73,33%); (3) Siswa memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar mengajar sebelum tindakan ada 10 siswa (33,33%), setelah tindakan menjadi 25 siswa (83,33%); Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.