Tingkat Pengetahuan Guru Dalam Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMP Negeri 02 Gantiwarno Kabupaten Klaten
Main Author: | Wulandari, Ariska |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29982/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29982/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai tingkat pengetahuan guru dalam mitigasi bencana gempa bumi di SMP Negeri 2 Gantiwarno serta mengetahui pengintegrasian materi mitigasi bencana pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Gantiwarno Kabupaten Klaten. Populasi guru di SMP Negeri 2 Gantiwarno adalah 40 dan jumlah sampel yang diambil 40. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru SMP Negeri 2 Gantiwarno merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menghitung perhitungan presentase, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah SamplingJenuh merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengintegrasian materi mitigasi bencana pada mata pelajaran IPS Terpadu dalam mitigasi bencana gempa bumi di SMP Negeri 2 Gantiwarno merupakan jenis deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Snowball Sampling yaitu penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil kemudian membesar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan guru menunjukan bahwa tingkat pengetahuannya tinggiyaitu dengan presentase 79,64% dalam mitigasi bencana gempa bumi dan hasil penelitian menunjukan bahwa belum dikajinya pengintegrasian materi mitigasi bencana gempabumi kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada mata pelajaran IPS Terpadu.