Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Limpung Batang Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | ISTIKOMAH , HIDAYAH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29976/1/COVER.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/19/NASKAH_PUBLIKASI_J.pdf http://eprints.ums.ac.id/29976/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limpung tahun ajaran 2013/2014, 2) adanya pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limpung tahun ajaran 2013/2014, 3) adanya pengaruh motivasi belajar dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limpung tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limpung tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 200 siswa dengan sampel 127 siswa yang diambil yaitu probability sampling dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y = 60,870 + 0,128X1 + 0,075X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,054 > 1,979 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,028; 2) ada pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,032 > 1,979 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,020; 3) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 4,590 > 3,069 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 63,88% dan sumbangan efektif sebesar 15,97%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 36,12% dan sumbangan efektif sebesar 9,03%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,250 yang berarti 25% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan pergaulan teman sebaya, sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.