Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 02 Gawanan yang berjumlah 27 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data (sumber). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data dekriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar pada pembelajaran IPA hal ini dapat dilihat dari pra siklus, aspek Antusias siswa mengerjakan soal sebanyak 12 siswa (44,44%), keberanian bertanya sebanyak 9 siswa (33,33%) , keberanian menjawab sebanyak 8 siswa (29,62%). siklus I pertemuan I aspek Antusias siswa mengerjakan soal sebanyak 12 siswa (44,44%), keberanian bertanya sebanyak 11 siswa (40,74%) , keberanian menjawab sebanyak 13 siswa (48,14%). Siklus I pertemuan II aspek Antusias siswa mengerjakan soal sebanyak 19 siswa (70,37%), keberanian bertanya sebanyak 16 siswa (59,25%) , keberanian menjawab sebanyak 17 siswa (62,96%). Siklus II pertemuan I aspek Antusias siswa mengerjakan soal sebanyak 22 siswa (81,84%), keberanian bertanya sebanyak 21 siswa (77,78%) , keberanian menjawab sebanyak 20 siswa (74,07%).Pertemuan II aspek Antusias siswa mengerjakan soal sebanyak 25 siswa (92,59%), keberanian bertanya sebanyak 23 siswa (85,18%) , keberanian menjawab sebanyak 24 siswa (88,89%).Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SDN 02 Gawanan Colomadu.