Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B Taman Kanak-kanak Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 20 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen dalam penelitian adalah lembar observasi yang terdiri dari 7 indikator yang dijabarkan menjadi 10 butir amatan. Dari hasil pengamatan diperoleh hasil sebelum diadakan pembelajaran (Pra Siklus) rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 35 % dengan status perkembangan Mulai Berkembang (MB). Kemudian setelah dilakukan pembelajaran Siklus I rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 65% dengan status perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kemudian disempurnakan dengan diadakan pembelajaran Siklus II rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 95% dengan status perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Sehingga dari hasil pra siklus sampai dilakukan pembelajaran Siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui permainan tradisional sunda manda dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.