Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui metode bermain peran pada anak kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ditetapkan pada guru dan siswa Kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dengan jumlah 28 anak, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. teknik analisis komparatif dan interaktif. Data dalam penelitian ini adalah analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak sebelum tindakan adalah 48,88% dengan status belum berkembang (MB). Setelah dilakukan kegiatan bermain peran pada siklus 1, kemampuan anak meningkat menjadi 70,54% atau berkembang sesuai harapan (BSH), sedangkan pada siklus 2 mencapai 87,61%.atau berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulannya adalah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak kelompok B TK Mojorejo 2 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014.