Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014)
Main Author: | Yuliasto, Widodo |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29932/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/11/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/ |
ctrlnum |
29932 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29932/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014)</title><creator>Yuliasto, Widodo</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak kelas VIIIA tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa nilai persentase peningkatan keaktifan pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) kemauan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 5,55% dan sesudah tindakan 55,55%, 2) kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 72,22%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 66,66%, 4) kemauan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 55,55%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Snowball Throwing pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/11/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29932/12/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Yuliasto, Widodo (2014) Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410100001</relation><recordID>29932</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Yuliasto, Widodo |
title |
Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing (PTK Bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo Tahun 2013/2014) |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29932/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/11/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/29932/ |
contents |
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Gatak kelas VIIIA tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa nilai persentase peningkatan keaktifan pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) kemauan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 5,55% dan sesudah tindakan 55,55%, 2) kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan sesudah tindakan 72,22%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 66,66%, 4) kemauan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 0% dan sesudah tindakan 55,55%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Snowball Throwing pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa. |
id |
IOS2728.29932 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:50:07Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:50:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810898017976320 |
score |
17.538404 |