Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Mendongeng Pada Play Group Al-Husna Pengkok Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | MEGANINGSIH , ERNA ARDHIANSYAH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29800/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode mendongeng pada Play Group Al-Husna Pengkok, Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan bahasa anak. Subjek penelitian anak didik dan guru di Play Group Al-Husna. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil prosentase sebelum adanya tindakan sebesar 30,21% dan setelah adanya tindakan dalam siklus 1 meningkat menjadi 61,11% dari yang ditetapkan sebesar 80% sampai akhirnya siklus II mencapai 88,89%. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, melalui metode mendongeng dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak pada Play Group Al-Husna Pengkok, Kedawung, Sragen Tahun ajaran 2013/2014.