Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar pada anak usia dini Tunarungu wicara kelas persiapan kelompok A di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) mengidentifikasi apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar pada anak usia dini Tunarungu wicara kelas persiapan kelompok A di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi , dokumentasi, dan wawancara. Dalam teknik analisis data menggunakan teknik alur yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dengan interaktif dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan: 1.Terdapat adanya pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar yang menerapkan tiga jenis amatan ketiga jenis amatan tersebut yakni Assesmen Kinerja Proses, Assesmen kinerja Psikomotorik, Pengamatan Perilaku dan Pengamatan Keterampilan Sosial. 2. Mengidentifikasi Faktor pendukung dan penghambat proses kegiatan pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta meliputi: 1) adanya bimbingan dari orang tua, 2) lingkungan rumah dan situasi sekolah yang nyaman, 3) penggunaan alat peraga yang menarik dan bervariasi, 4) cara penyampaian guru yang menarik, 5) buku pendukung pembelajaran tematik cukup. Namun yang menjadi penghambat antara lain: 1) orang tua yang masa bodoh kepada anaknya, 3) faktor lingkungan sekolah adanya beberapa kelas yang sedang istirahat membuat suasana ramai, 3) alat peraga yang kurang lengkap, 4) adanya siswa terlambat masuk kelas.