ctrlnum 29653
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29653/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penerapan Strategi Cerita Berantai merupakan strategi pembelajaran yang ideal dalam upaya melatih kemampuan siswa dalam berbahasa serta sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara. Strategi pembelajaran ini juga efektif karena&#xD; memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan strategi pembelajaran Cerita Berantai,&#xD; karena strategi tersebut dapat diterapkan di SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi Cerita Berantai bagi kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten&#xD; Pacitan. Penelitian dilakukan di SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu melalui reduksi data, lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan ditinjau dari penyajian data yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata sebelum pelakuan adalah 45,9. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Cerita Berantai pada siklus I siswa memperoleh nilai ratarata&#xD; 58,8, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,5. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Cerita Berantai mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa&#xD; Indonesia siswa kelas V SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/12/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/16/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510100258</relation><recordID>29653</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI
title Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/29653/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/6/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/12/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/16/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29653/
contents Penerapan Strategi Cerita Berantai merupakan strategi pembelajaran yang ideal dalam upaya melatih kemampuan siswa dalam berbahasa serta sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara. Strategi pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan strategi pembelajaran Cerita Berantai, karena strategi tersebut dapat diterapkan di SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi Cerita Berantai bagi kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Penelitian dilakukan di SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu melalui reduksi data, lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan ditinjau dari penyajian data yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata sebelum pelakuan adalah 45,9. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Cerita Berantai pada siklus I siswa memperoleh nilai ratarata 58,8, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,5. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Cerita Berantai mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.
id IOS2728.29653
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810896224911360
score 17.538404