Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29653/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/12/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/16/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/ |
ctrlnum |
29653 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29653/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penerapan Strategi Cerita Berantai merupakan strategi pembelajaran yang ideal dalam upaya melatih kemampuan siswa dalam berbahasa serta sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara. Strategi pembelajaran ini juga efektif karena
memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan strategi pembelajaran Cerita Berantai,
karena strategi tersebut dapat diterapkan di SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi Cerita Berantai bagi kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten
Pacitan. Penelitian dilakukan di SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu melalui reduksi data, lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan ditinjau dari penyajian data yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata sebelum pelakuan adalah 45,9. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Cerita Berantai pada siklus I siswa memperoleh nilai ratarata
58,8, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,5. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Cerita Berantai mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia siswa kelas V SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/12/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/16/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29653/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510100258</relation><recordID>29653</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
LUHURINGTYAS, DEVI ELVARETASARI |
title |
Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Strategi Cerita Berantai Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29653/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/12/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/16/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29653/ |
contents |
Penerapan Strategi Cerita Berantai merupakan strategi pembelajaran yang ideal dalam upaya melatih kemampuan siswa dalam berbahasa serta sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara. Strategi pembelajaran ini juga efektif karena
memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan strategi pembelajaran Cerita Berantai,
karena strategi tersebut dapat diterapkan di SD. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi Cerita Berantai bagi kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten
Pacitan. Penelitian dilakukan di SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu melalui reduksi data, lalu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan ditinjau dari penyajian data yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata sebelum pelakuan adalah 45,9. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Cerita Berantai pada siklus I siswa memperoleh nilai ratarata
58,8, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,5. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Cerita Berantai mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia siswa kelas V SD N Gondang I Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. |
id |
IOS2728.29653 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810896224911360 |
score |
17.538404 |