Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Nurhana, Dahlia Ayu Mukti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29628/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/ |
ctrlnum |
29628 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29628/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Nurhana, Dahlia Ayu Mukti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan metode jarimatika untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prosentase, hal ini dapat dilihat dari prosentase pencapaian perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak dalam satu kelas prosentase prasiklus terdapat 41,78% dengan prosentase tertinggi 50% prosentase terendah 32,14%, setelah mendapat tindakan pada siklus I mulai berkembang dengan prosentase 62,64% dengan prosentase tertinggi 67,85% prosentase terendah 50% dilanjutkan pada tindakan siklus II berkembang sesuai harapan dengan prosentase 81,2% dengan prosentase tertinggi 92,85% prosentase terendah 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika mampu mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29628/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Nurhana, Dahlia Ayu Mukti (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520100140</relation><recordID>29628</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Nurhana, Dahlia Ayu Mukti |
title |
Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jarimatika Pada Anak Kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29628/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29628/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan metode jarimatika untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prosentase, hal ini dapat dilihat dari prosentase pencapaian perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak dalam satu kelas prosentase prasiklus terdapat 41,78% dengan prosentase tertinggi 50% prosentase terendah 32,14%, setelah mendapat tindakan pada siklus I mulai berkembang dengan prosentase 62,64% dengan prosentase tertinggi 67,85% prosentase terendah 50% dilanjutkan pada tindakan siklus II berkembang sesuai harapan dengan prosentase 81,2% dengan prosentase tertinggi 92,85% prosentase terendah 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika mampu mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK BA Bina Mandiri Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. |
id |
IOS2728.29628 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810896139976704 |
score |
17.538404 |