Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Di TK B Pertiwi Gondang Slamet Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Ariyani, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29615/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29615/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan komunikasi anak TK B Pertiwi Gondang Slamet Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Pre Experimen Design, yaitu desain One Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini usia 5-6 tahun di TK B Pertiwi Gondang Slamet Ampel Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung< -ttabel = -19.942 < -2,045 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini telah teruji, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain peran terhadap kemampuan komunikasi. Kesimpulannya bahwa bermain peran mempengaruhi kemampuan komunikasi anak usia dini di TK B Pertiwi Gondang Slamet Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014.