ctrlnum 29608
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29608/</relation><title>Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 2 Blora Tahun Ajaran 2013/2014&#xD; </title><creator>Wijaya, Danar Antika</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 2) Pengaruh&#xD; kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 3) Pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Blora angkatan 2013/2014 yang berjumlah 137 siswa dengan sampel 100 siswa yang diambil dengan teknik propotional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 32,189+0,579X1+ 0,377X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 3,010 &gt; 1,985 (&#x3B1;=5%) dan nilai signifikansi &lt; 0,05&#xD; yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 2,480 &gt; 1,985 (&#x3B1;=5%) dan nilai signifikansi &lt; 0,05 yaitu 0,015. 3) Ada pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung &gt; Ftabel yaitu 15,529&gt; 3,090 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 56,4% dan sumbangan efektif sebesar 13,7%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 43,6% dan sumbangan efektif sebesar 10,6%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,243, berarti 24,3% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 75,7% dipengaruhi variabel di luar penelitian.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29608/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wijaya, Danar Antika (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 2 Blora Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210100047.</relation><recordID>29608</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wijaya, Danar Antika
title Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 2 Blora Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/29608/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29608/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014, 3) Pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Blora angkatan 2013/2014 yang berjumlah 137 siswa dengan sampel 100 siswa yang diambil dengan teknik propotional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 32,189+0,579X1+ 0,377X2 yang artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,010 > 1,985 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,480 > 1,985 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,015. 3) Ada pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Blora tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 15,529> 3,090 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 56,4% dan sumbangan efektif sebesar 13,7%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 43,6% dan sumbangan efektif sebesar 10,6%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,243, berarti 24,3% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 75,7% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
id IOS2728.29608
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810895810723840
score 17.538404