Efektivitas Metode Bermain Peran Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Pada Kelompok B Di TK Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | WIDIYASTUTI , ENI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29601/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/5/BAB_IV_.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/7/BAB_V_.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29601/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode bermain peran dalam pembelajaran pada kelompok B di TK Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Bustanul Athfal sejumlah 20 anak sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data mengenai kepercayaan diri anak yang didapatkan melalui observasi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan sistem analisis t-test dengan bantuan program SPPS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dengan sistem analisis t test terhadap hasil observasi akhir menghasilkan nilai thitung -21,141 yang berada pada daerah H0 ditolak dengan probabilitas sebesar .000 ˂ 0,05. Berdasarkan hasil ini, maka keputusan hasil uji hipotesisnya adalah Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat efektivitas metode bermain peran terhadap kepercayaan diri anak di TK Bustanul Athfal Demangan, Karangdowo, Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.