Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Team Games Tournament berbasis Cartoon Art dan elektro di kelas IV SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. 2) Untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoon Art lebih baik dari hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan strategi Teams Games Tournament berbasis elektro di kelas IV SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IVA dan IVC SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Untuk teknik pengumpulan data terbagi menjadi dua yaitu untuk data pokok menggunakan tes dan data pendukung menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dilakukan uji prasarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data pada uji hipotesis pertama yaitu dengan uji-T. berdasarkan uji-T diketahui bahwa thitung < ttabel yaitu 1.69 < 1.998. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Team Games Tournament berbasis Cartoon Art dan elektro di kelas IV SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Untuk uji hipotesis kedua yaitu dengan uji-z. berdasarkan uji-z diketahui bahwa zhitung > ztabel yaitu 1.69 > 1.645. dengan demikian hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Team Games Tournament berbasis Cartoon Art lebih baik dari hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan strategi Team Games Tournament berbasis elektro di kelas IV SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta.