Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Demonstrasi Di Kelompok B TK Al-Hidayah 2 Jetak Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Martasari, Widya Dian |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29480/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/19/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29480/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan naturalis anak dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek peneliti ini adalah kelompok B yang berjumlah 22 anak sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan di TK Al-Hidayah 2 Jetak Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Data tentang kecerdasan naturalis dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kecerdasan naturalis anak melalui metode demonstrasi. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan naturalis anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 36,4%, siklus I mencapai 45,5%, dan siklus II mencapai 95,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak pada kelompok B di TK Al-Hidayah 2 Jetak Masaran Sragen.