Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014
Main Author: | NURJANAH , KHOIRUNNISA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29479/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29479/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep pengetahuan umum dan sains melalui metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 16 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bekerjasama dengan guru kelompok B. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep pengetahuan umum dan sains melalui metode eksperimen dengan prosentase sebelum tindakan 37,4%, 37,4% menunjukkan bahwa anak sudah mulai berkembang, siklus I 60,9% menunjukkan bahwa anak berkembang sesuai dengan butir amatan yang dilakukan, dan siklus II 82,1% menunjukkan bahwa berkembang sangat baik tanpa bantuan guru. Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen sehingga anak dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan eksperimen dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.