ctrlnum 29408
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29408/</relation><title>Pengelolaan Sarana Pembelajaran (Studi Situs Pada SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta)</title><creator>Purwaningsih, Enny</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) perencanaan sarana pembelajaran; 2) pemanfaatan sarana pembelajaran; dan 3) pemeliharaan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta&#xD; dalam menunjang proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain yang digunakan&#xD; adalah etnografi. Objek penelitian adalah pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rancangan situs tunggal. Pemilihan rancangan analisis untuk penelitian dengan pendekatan kualitatif didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data&#xD; display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, key informant review dan member check. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik perencanaan&#xD; sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta diawali dengan perencanaan yang dilakukan dengan penyusunan proposal permohonan bantuan dana yang diajukan kepada Dikdasmen Depdiknas, APBD Provinsi, dan APBD Kota. Pengembangan sarana prasarana dilakukan dengan penetapan 15 program pengadaan sarana prasarana sebagai pelengkap fasilitas pembelajaran sekolah. Pembiayaan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan melalui penganggaran program atau rencana stratejik bidang sarana prasarana. Biaya dialokasikan dari bantuan orang tua siswa dan dana bantuan block grant dari pemerintah; 2) Pemanfaatan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No.&#xD; 13 Surakarta sudah dilaksanakan secara optimal. Pemanfaatan sarana pembelajaran dilakukan sebagai sarana eksplorasi kompetensi siswa, yaitu sebagai sarana penuangan kreativitas dan inovasi siswa. Strategi pengendalian pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan oleh guru yang ditugaskan secara khusus untuk mengelola sarana dan prasarana pendidikan.; dan 3) Pemeliharaan sarana pembelajaran berupa laboratorium multimedia dilakukan&#xD; dengan bekerjasama dengan supllier komputer melalui sistem kontrak. Hal ini didasari pertimbangan efektivitas dan agar guru bisa fokus mengajar dan alat selalu siap digunakan karena selalu terpelihara dengan baik.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/9/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/10/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/15/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29408/17/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Purwaningsih, Enny (2014) Pengelolaan Sarana Pembelajaran (Studi Situs Pada SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>Q100100279</relation><recordID>29408</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Purwaningsih, Enny
title Pengelolaan Sarana Pembelajaran (Studi Situs Pada SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta)
publishDate 2014
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/29408/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/9/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/17/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29408/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) perencanaan sarana pembelajaran; 2) pemanfaatan sarana pembelajaran; dan 3) pemeliharaan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta dalam menunjang proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain yang digunakan adalah etnografi. Objek penelitian adalah pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rancangan situs tunggal. Pemilihan rancangan analisis untuk penelitian dengan pendekatan kualitatif didasarkan pada tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, key informant review dan member check. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik perencanaan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta diawali dengan perencanaan yang dilakukan dengan penyusunan proposal permohonan bantuan dana yang diajukan kepada Dikdasmen Depdiknas, APBD Provinsi, dan APBD Kota. Pengembangan sarana prasarana dilakukan dengan penetapan 15 program pengadaan sarana prasarana sebagai pelengkap fasilitas pembelajaran sekolah. Pembiayaan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan melalui penganggaran program atau rencana stratejik bidang sarana prasarana. Biaya dialokasikan dari bantuan orang tua siswa dan dana bantuan block grant dari pemerintah; 2) Pemanfaatan sarana pembelajaran di SD Negeri Cemara Dua No. 13 Surakarta sudah dilaksanakan secara optimal. Pemanfaatan sarana pembelajaran dilakukan sebagai sarana eksplorasi kompetensi siswa, yaitu sebagai sarana penuangan kreativitas dan inovasi siswa. Strategi pengendalian pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan oleh guru yang ditugaskan secara khusus untuk mengelola sarana dan prasarana pendidikan.; dan 3) Pemeliharaan sarana pembelajaran berupa laboratorium multimedia dilakukan dengan bekerjasama dengan supllier komputer melalui sistem kontrak. Hal ini didasari pertimbangan efektivitas dan agar guru bisa fokus mengajar dan alat selalu siap digunakan karena selalu terpelihara dengan baik.
id IOS2728.29408
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:52Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1765810894853373952
score 17.538404