ctrlnum 29401
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29401/</relation><title>Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu di MTsN Sukoharjo Tahun 2012-2013)&#xD; </title><creator>Wibowo, Tri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Ketercapaian tujuan lembaga pendidikan madrasah sangat bergantung dari kecakapan dan kebijkan kepemimpinan kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk Mengetahui Bagaimana pelaksanaan&#xD; kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu madrasah. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. (3) Untuk mengetahui bagaimana mutu dan prestasi madrasah dapat&#xD; dicapai. Penelitian dilaksanakan di MTsN Sukoharjo, MTsN Sukoharjomempunyai prestasi yang baik dibidang akademik maupun non akademik, MTsN Sukoharjo didirikan diwilayah kabupaten Sukoharjo. Jenis dari penelitian ini adalah&#xD; penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan yang ada sekarangberdasarkan data-data,penelitian ini juga menyajikan data,menganalisis juga menginterprestasi.Informan dari penelitian ini adalah&#xD; Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Para Guru.Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan suatu data atau memeriksa kebenaran data yang digunakan cara memperpanjang masa penelitian,&#xD; pengamatan yang terus menerus, triangulasi, baik triangulasi sumber data maupun triangulasi tehnik pengumpulan data. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu&#xD; meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Kepala Sekolah MTsN Sukoharjo dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motifator (2) Kendala-kendala yang dihadapi kepala MTsN Sukoharjo yaitu masih adanya guru yang kurang paham terhadap penguasaan penggunaan media&#xD; pembelajaran,perkembangan teknologi dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran (3) Dalam pecapaian mutu dan prestasi, madrasah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan&#xD; kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler. </description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29401/9/Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> Wibowo, Tri (2014) Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu di MTsN Sukoharjo Tahun 2012-2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>O100110020</relation><recordID>29401</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wibowo, Tri
title Manajemen Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu di MTsN Sukoharjo Tahun 2012-2013)
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/29401/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/9/Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29401/
contents Ketercapaian tujuan lembaga pendidikan madrasah sangat bergantung dari kecakapan dan kebijkan kepemimpinan kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk Mengetahui Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu madrasah. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. (3) Untuk mengetahui bagaimana mutu dan prestasi madrasah dapat dicapai. Penelitian dilaksanakan di MTsN Sukoharjo, MTsN Sukoharjomempunyai prestasi yang baik dibidang akademik maupun non akademik, MTsN Sukoharjo didirikan diwilayah kabupaten Sukoharjo. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan yang ada sekarangberdasarkan data-data,penelitian ini juga menyajikan data,menganalisis juga menginterprestasi.Informan dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Para Guru.Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan suatu data atau memeriksa kebenaran data yang digunakan cara memperpanjang masa penelitian, pengamatan yang terus menerus, triangulasi, baik triangulasi sumber data maupun triangulasi tehnik pengumpulan data. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Kepala Sekolah MTsN Sukoharjo dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motifator (2) Kendala-kendala yang dihadapi kepala MTsN Sukoharjo yaitu masih adanya guru yang kurang paham terhadap penguasaan penggunaan media pembelajaran,perkembangan teknologi dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran (3) Dalam pecapaian mutu dan prestasi, madrasah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler.
id IOS2728.29401
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:52Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1765810894817722368
score 17.538404