Daftar Isi:
  • Secara umum penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan bentuk-bentuk geometri. Adapun secara khusus penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada anak Kelompok A TK Melati Bawang dengan menggunakan permainan bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Melati Bawang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, dengan guru kelas dan kepala sekolah. Data variabel dikumpulkan melalui observasi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kognitif anak kelompok A TK Melati Bawang sebelum pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaitu anak dapat membedakan bentuk-bentuk geometri sebesa 41,88%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan bentuk-bentuk geometri pada proses pembelajaran, kemampuan kognitif anak menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 62,08% dan siklus II mencapai 82,71%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian pencapaian yang telah ditetapkan. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Melati Bawang, Batang.