Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Gamelan Untuk Anak-Anak Menggunakan Blender
Main Author: | Apriansyah, Roman |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29384/1/awal.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/8/kuisioner.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/9/naskahpublikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/29384/ |
Daftar Isi:
- Pengenalan Alat Musik Tradisional saat ini masih sangat sedikit dan kurangnya pengetahuan mereka akan alat musik tradisional akan membuat mereka tidak tahu bahwa di Indonesia tempat tinggal mereka terdapat banyak sekali alat musik tradisional terutama Gamelan. Peneliti merancang dan membuat aplikasi pengenalan Alat Musik Tradisional Gamelan sebagai media untuk lebih mengenalkan kepada generasi muda agar lebih mencintai kesenian dari Indonesia menggunakan teknologi komputer dan laptop. Penelitian menggunakan metode research and development dalam melakukan penelitian. Metode research and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefiktifan produk. Perancangan dan pembangunan system dilakukan dengan proses pembuatan flowchart dan diimpelmentasikan menggunakan aplikasi Blender. Hasil yang didapat dari penelitian ini 87,50% anggota Paguyuban dan 95,00% dari anak-anak menyatakan Alat musik yang ditampilkan sudah cukup lengkap, 80,00% anggota Paguyuban dan 87,50% dari anak-anak menyatakan Tampilan gambar pada aplikasi jelas, 82,50% anggota Paguyuban dan 87,50% dari anak-anak menyatakan Aplikasi ini membuat Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang gamelan, dan 75,00% anggota Paguyuban dan 87,50% dari anak-anak menyatakan Aplikasi ini mudah untuk digunakan, sehingga tujuan dari penelitian ini berhasil tercapai.