ctrlnum 29261
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29261/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Faramida, Noer</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dan guru yang bertindak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui metode pembelajaran eksperimen dengan kegiatan bermain menggabungkan warna dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen, yakni sebelum ada tindakan 33,02%, siklus I mencapai 53,64%, dan siklus II mencapai 82,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode pembelajaran eksperimen ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarik dan tidak monoton sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Faramida, Noer (2014) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520100070</relation><recordID>29261</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Faramida, Noer
title Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/29261/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/29261/
contents Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dan guru yang bertindak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui metode pembelajaran eksperimen dengan kegiatan bermain menggabungkan warna dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen, yakni sebelum ada tindakan 33,02%, siklus I mencapai 53,64%, dan siklus II mencapai 82,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode pembelajaran eksperimen ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarik dan tidak monoton sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
id IOS2728.29261
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:47Z
recordtype dc
_version_ 1765810779226898432
score 17.538404