Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Faramida, Noer |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29261/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/ |
ctrlnum |
29261 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29261/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014</title><creator>Faramida, Noer</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dan guru yang bertindak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui metode pembelajaran eksperimen dengan kegiatan bermain menggabungkan warna dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen, yakni sebelum ada tindakan 33,02%, siklus I mencapai 53,64%, dan siklus II mencapai 82,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode pembelajaran eksperimen ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarik dan tidak monoton sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29261/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Faramida, Noer (2014) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A520100070</relation><recordID>29261</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Faramida, Noer |
title |
Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29261/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29261/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 dan guru yang bertindak melakukan proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui metode pembelajaran eksperimen dengan kegiatan bermain menggabungkan warna dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode pembelajaran eksperimen, yakni sebelum ada tindakan 33,02%, siklus I mencapai 53,64%, dan siklus II mencapai 82,57%. Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode pembelajaran eksperimen ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarik dan tidak monoton sehingga anak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. |
id |
IOS2728.29261 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:46Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810779226898432 |
score |
17.538404 |