Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Di Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus Perusahaan Food and Beverages dan Consumer Goods yang go public Di Bursa Efek Indonesia 2007-2011)
Main Author: | Erikawati, Civi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29183/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29183/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham di Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus Perusahaan Food and Beverages dan Consumer Goods yang Go Public Di BEI tahun 2007-2011)” bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independen EVA dan Rasio Profitabilitas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dengan sektor industri food and beverages dan consumer goods yang berjumlah sebanyak 19 perusahaan dengan menampilkan laporan keuangan secara lengkap dan jelas dari periode 2007-2011. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji Asumsi Klasik dan Uji Linier Berganda. Hasil dalam perhitungan uji t menjelaskan bahwa variabel EVA, ROE dan EPS berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur secara parsial. Sedangkan variabel ROA tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap harga saham. Secara simultan variabel EVA, ROA, ROE dan EPS berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur, hal ini diperkuat dengan hasil analisis dengan uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukkan bahwa sebesar 91,4% semua variabel independen mempengaruhi harga saham dan sebesar 8,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian ini.