Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 3 Jatipohon Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Fitrianingrum, Resti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29148/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/3/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/4/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/5/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/6/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/7/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/8/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/9/9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPS tentang kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah di kelas 4 SD Negeri 3 Jatipohon, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode talking stick. Metode talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Jatipohon. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Jatipohon adalah sebagai berikut: sebelum perbaikan pembelajaran motivasi belajar rendah 16 siswa (51,61%), sedang 6 siswa (19,35%), tinggi 9 siswa (29,04%). Pada perbaikan pembelajaran pada siklus I, motivasi belajar rendah 8 siswa (25,81%), sedang 11 siswa (35,48%), tinggi 10 siswa (32,26%), dan sangat tinggi 2 siswa (6,45%). Pada perbaikan pembelajaran pada siklus II, motivasi belajar rendah 3 siswa (9,68%), sedang 5 siswa (16,14%), tinggi 17 siswa (54,84%), sangat tinggi 6 siswa (19,35%)