Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Katong, Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Utami, Kisparini Wiji |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29147/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/8/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/9/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/ |
ctrlnum |
29147 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29147/</relation><title>Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Katong, Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014
</title><creator>Utami, Kisparini Wiji</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Talking Stick pada siswa kelas I SD Negeri 1 Katong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Katong yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dengan analisis komparatif dan anlisis kritis. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan setelah penerapan metode Talking Stick. Pada pra siklus siswa yang aktif hanya 8 anak atau 42,1% dengan rata-rata persentase keaktifan siswa 49,1% dan termasuk dalam kriteria keaktifan rendah. Pada siklus I siswa yang aktif 15 anak atau 78,9%
dengan rata-rata persentase keaktifan 65,1% dan termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus II siswa yang aktif 17 anak atau 89,4% dengan rata-rata persentase keaktifan 75,3% dan termasuk dalam kriteria aktif. Kinerja guru pra
siklus mendapatkan skor 33 atau 60%. Sedangkan pada penerapan metode Talking Stick siklus I mendapatkan skor 40 atau 72,7%, dan pada siklus II skor 46 atau 83,6%. Dengan demikian penerapan metode Talking Stick terbukti dapat
meningkatkan keaktifan siswa.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/8/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29147/9/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> Utami, Kisparini Wiji (2014) Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Katong, Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54F100007</relation><recordID>29147</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Utami, Kisparini Wiji |
title |
Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Katong, Toroh, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29147/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/8/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/9/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/29147/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Talking Stick pada siswa kelas I SD Negeri 1 Katong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Katong yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dengan analisis komparatif dan anlisis kritis. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan setelah penerapan metode Talking Stick. Pada pra siklus siswa yang aktif hanya 8 anak atau 42,1% dengan rata-rata persentase keaktifan siswa 49,1% dan termasuk dalam kriteria keaktifan rendah. Pada siklus I siswa yang aktif 15 anak atau 78,9%
dengan rata-rata persentase keaktifan 65,1% dan termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus II siswa yang aktif 17 anak atau 89,4% dengan rata-rata persentase keaktifan 75,3% dan termasuk dalam kriteria aktif. Kinerja guru pra
siklus mendapatkan skor 33 atau 60%. Sedangkan pada penerapan metode Talking Stick siklus I mendapatkan skor 40 atau 72,7%, dan pada siklus II skor 46 atau 83,6%. Dengan demikian penerapan metode Talking Stick terbukti dapat
meningkatkan keaktifan siswa. |
id |
IOS2728.29147 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:43Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810778551615488 |
score |
17.538404 |