Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPS Materi Peta Dengan Model Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Widodo, Widodo |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29131/1/03_halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/6/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/8/10_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/9/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29131/ |
Daftar Isi:
- Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan model Jigsaw bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, dokumentasi, catatan lapangan, test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis kritis yang bersifat deskriptif komparatif. Dengan teknik deskriptif komparatif, peneliti dapat menganalisis data yang telah dikumpulkannya dengan cara membandingkan siklus.Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV. Peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar dapat dilihat dari aspek keberanian bertanya siswa hasil pra siklus sebanyak 5 siswa yang berani bertanya atau sebesar 20%. Kemudian pada siklus I siswa yang berani bertanya meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 52%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 8 siswa (32%) dari siklus I. Sedangkan pada aspek hasil belajar pra siklus sebanyak 7 siswa yang bisa mencapai nilai KKM atau sebesar 28%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 16 siswa atau sebesar 64%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 5 siswa (20%) dari siklus I. Dapat disimpulkan penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi peta.