Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Muruh .Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Muruh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan validitas triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dianalisis adalah hasil lembar observasi motivasi siswa dan lembar observasi proses pembelajaran.Dari penelitian tersebut diperoleh hasil motivasi belajar siklus 1 sebagai berikut, (1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran 50%, (2) memperhatikan penjelasan guru 42,5%, (3) mengemukakan ide atau gagasan 35%, (4) menanyakan materi yang belum dipahami berjumlah 50,5%, (5) tekun dalam menghadapi tugas berjumlah 47,5%.Pada siklus II diperoleh peningkatan dalam motivasi belajar yaitu, (1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran berjumlah 77,5%, (2) memperhatikan penjelasan guru 70%, (3) mengemukakan ide atau gagasan 70%, (4) menanyakan materi yang belum dipahami 75%, (5) tekun dalam menghadapi tugas 80%.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Muruh.