Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode karya wisata dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Aisyiyah 2 Sragen dan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan implementasi dengan metode karya wisata dapat meningkatkan kemandirian anak di TK Aisyiyah 2 Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah guru dan anak kelompok B di TK Aisyiyah 2 Sragen, yang berjumlah 18 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data kemandirian dilakukan dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil rata-rata kemandirian anak dengan indikator kinerja pada setiap siklus. Analisis data pembelajaran karya wisata dilakukan dengan analisis interaktif. Skor rata-rata kemandirian anak sebelum dilakukan tindakan adalah 43,8%, setelah siklus I kemandirian anak meningkat menjadi 64,57%, dan siklus II kemandirian anak meningkat menjadi 83,83%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan dengan karya wisata dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Aisyiyah 2 Sragen tahun pelajaran 2013/2014.