Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 3putatnganten Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Isroni, Isroni |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29101/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Putatnganten penerapan dengan menerapkan metode role playing. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2 dan dianalisis dengan cara dikritisi untuk mengungkap kelemahan secara deskriptif untuk dasar tindak lanjut. Keterampilan berbicara siswa pada pra siklus siswa yang terampil berbicara sebanyak 13 siswa atau dengan persentase hanya 31%, setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menerapkan metode role playing pada siklus 1 siswa yang terampil berbicara sebanyak 32 siswa dengan persentase 76%, meningkat lagi pada siklus 2 siswa yang terampil berbicara berjumlah 40 siswa dengan persentase 95%.