Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Jiwo Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Riyadi, Slamet |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29025/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29025/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Jiwo, Wedi, Klaten yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari: (1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) memperhatikan gambar (33,3%) menjadi (90,28%), b) mengeluarkan pendapat meningkat dari (50%) menjadi (72,22%), c) mendengarkan penjelasan guru meningkat dari (68,06%) menjadi (73,61%), d) menulis puisi meningkat dari (40,28%) menjadi (86,11%), e) minat siswa terhadap pembelajaran meningkat dari (46,94%) menjadi (79,17%), (2) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥65 meningkat dari 6 siswa dari 24 (25%) menjadi 21 siswa dari 24 (87,50%). Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar. Pembelajaran menulis puisi dengan media gambar selain meningkatkan kemampuan juga dapat mempermudah siswa dalam mengungkapkan ide dan gagasan karena ada gambaran yang nyata.