Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode permainan suku kata pada kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 01 Masaran, Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch ) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Kliwonan 1 Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa serta guru di TK tersebut. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan media permainan suku kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut diperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak dari pta siklus sampai dengan siklus II yakni pra siklus kemampuan berbahasa anak hanya 35 %, pada siklus I sebesar 60 %, dan pada siklus II sebesar 90 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: melalui media permainan suku kata dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak TK Kliwonan 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2013/2014.