Upaya Meningkatkan Keterampilan Senam Ritmik Melalui Media Simpai Pada Anak Kelompok B1 Di TK Negeri Pembina Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Citrasari, Yeshinta |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28977/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/6/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/10/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/11/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28977/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam ritmik anak usia dini di TK Negeri Pembina Sukoharjo, tahun ajaran 2013/2014. Subjek kelompok B1 TK Negeri Pembina Sukoharjo yang sebanyak 19 anak. Jenis Penelitian ini Penelitian Tindak Kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah komparatif-interaktif. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini adalah ≥ 2,5 dengan skala penilaian 1-4. Hasil analisis data pada pra siklus didapat sebanyak 6 anak yang sudah mencapai ketuntasan dengan prosentase 31,57% dengan rata-rata perkelas 1,87. Pada siklus I terdapat 12 anak yang sudah mencapai ketuntasan dengan prosentase 63,15% dengan ratarata perkelas 2,42, dan pada siklus II sebanyak 17 anak yang sudah mencapai ketuntasan dengan prosentase sebesar 89,47% dengan rata-rata perkelas 3,50. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa media simpai dapat meningkatkan keterampilan senam ritmik anak kelompok B1 di TK Negeri Pembina Sukoharjo, tahun ajaran 2013/2014. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.