Pengembangan Kecerdasan Emosi Melalui Metode Bermain Musik Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Rahmawati, Diyah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28976/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28976/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosi pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo dengan menggunakan metode bermain musik. Subyek pelaksanaan tindakan adalah untuk kelompok B2 TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosi anak dengan menggunakan metode bermain musik. Adapun peningkatan kecerdasan emosi anak adalah sebagai berikut: pada penelitian sebelum tindakan atau pra siklus 31,97%, pada siklus I meningkat menjadi 65,83%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan emosi pada anak di kelompok B TK Aisyiyah Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.