Peningkatan Kreativitas Berbahasa Lisan Melalui Permainan Permata Tersembunyi Pada Anak Taman Kanak-Kanak Walisongo Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Sulistyawati, Sulistyawati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28947/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28947/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas berbahasa lisan anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B, melalui permainan permata tersembunyi di Taman Kanak-Kanak Walisongo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Tempat yang digunakan untuk penelitian di Taman Kanak-Kanak Walisongo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Metode penelitian ini bersifat tindakan kelas (PTK). Populasinya adalah seluruh anak TK kelompok B dengan mengambil sampel sebanyak 16 anak dari salah satu kelas kelompok B. Teknik analisis data dengan deskriptif frekuensi. Hasil penelitian: Peningkatan kreativitas bahasa lisan dapat ditingkatkan melalui permainan permata tersembunyi pada anak kelompok B Taman Kanak- Kanak Walisongo, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan rata-rata bahasa anak 56,3% meningkat pada siklus II menjadi 85,9%. Pada penilaian permainan permata tersembunyi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% pada tindakan siklus II meningkat mejadi 87,9%.