Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Out Door Activities Pada Anak Kelompok B Di TK MTA Jirapan Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Suwarni, Ninik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28945/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28945/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui outdoor activities di TK MTA Jirapan,Masaran, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subyek penelitian adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan catatan lapangan untuk mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan naturalis anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui outdoor activities. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan naturalis anak, yakni sebelum tindakan dengan prosentase 42%, peningkatan siklus I dengan prosentase 64 %, peningkatan pada siklus II dengan prosentase menjadi 72%. Peningkatan pada siklus III dengan prosentase 87,15%. Dengan demikian kesimpulan peneliti bahwa dengan outdoor activities dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak di TK MTA Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.