Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok B di RA GUPPI 1 Kalijambe Sragen melalui permainan mengisi pola geometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perkembangan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan permainan mengisi pola pada setiap siklusnya. Kemampuan anak berkembang dari prasiklus 48,21% menjadi 66,07% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya berkembang menjadi 76,78% dan siklus III menjadi 87,50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan permainan mengisi pola dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di RA GUPPI 1 Kalijambe Sragen.