Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B Di TK Teladan PPI Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Marmi, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28936/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/10/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28936/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar bebas, pada siswa kelompok B di TK Teladan PPI Sragen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok B TK Teladan PPI Sragen yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar bebas, dapat ditingkatkan, ini dapat terlihat dari hasil kreativitas anak pada pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan, anak yang mampu berkreativitas hanya 20%, pada silkus I meningkat menjadi 40%, dengan persentase ketuntasan pada siklus II menjadi 80%. Dari data di atas dapat di simpulkan bahwa melalui metode menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak pada siswa kelompok B di TK Teladan PPI Sragen tahun pelajaran 2013/2014.