Upaya Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Didik Kelompok A Di TK Darmawanita 2 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Siswiyanti, Sri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28935/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/11/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28935/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak pada kelompok A di TK Darmawanita 2 Kalijambe Sragen melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perkembangan kemampuan bahasa lisan anak melalui kegiatan metode sosiodrama pada setiap siklusnya. Kemampuan anak berkembang dari prasiklus 43,75% menjadi 58,08% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya berkembang menjadi 75,00% dan siklus III menjadi 87,50%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan metode sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B di TK Darmawanita 2 Kalijambe Sragen