Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Kooperatif Terhadap Peningkatan Kemampuan Bersosialisasi Anak Di TK Pertiwi Tanjungsari Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali
Main Author: | Arintika, Eky Febry |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28896/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28896/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode bermain kooperatif terhadap kemampuan bersosialisasi anak kelompok B TK Pertiwi Tanjungsari, Banyudono, Boyolali Tahun Perlajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan metode pre eksperimental design yaitu one group pretest-posttest. Subjek eksperimen penelitian ini adalah peserta didik TK Pertiwi Tanjungsari Kelompok B sejumlah 17 anak. Tehnik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah ttest menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil t-test diperoleh thitung - ttabel yaitu -31,292 - 1,746 dengan probabilitas 0,000 < = 0,05. Dengan demikian maka Ho ditolak, berarti terdapat pengaruh metode bermain kooperatif terhadap kemampuan bersosialisasi anak kelompok B TK Pertiwi Tanjungsari Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.