ctrlnum 28816
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/28816/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD N 2 Karangtalun Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014 </title><creator>Maharani, Aulia</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan&#xD; Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Karangtalun yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang&#xD; menunjukkan peningkatan partisipasi belajar yang tercermin dalam mengajukan pertanyaan dengan presentase pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 47,23% dan pada siklus II 77,78%. Partisipasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus 33,33%, pada siklus I 63,89% dan pada siklus II 86,11%. Partisipasi belajar siswa dalam memberikan tanggapan pada pra siklus 16,67%, pada siklus I&#xD; 44,44% dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyampaikan ide/gagasan pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 55,56%, dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi pada pra siklus&#xD; 44,44%, pada siklus I 61,11%, dan pada siklus II 83,34%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM &#x2265;70 dan nilai rata &#x2013; rata kelas. Pada pra siklus presentase ketuntasan 22,22%, pada siklus I 50% pada siklus II menjadi 86,11%. Nilai rata &#x2013; rata kelas juga mengalami peningkatan pada pra siklus 53,72 pada siklus I menjadi 64,86, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,89. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar&#xD; mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD N 2 Karangtalun tahun 20013/2014.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/1/03._HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/7/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/11/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28816/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Maharani, Aulia (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD N 2 Karangtalun Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510100209</relation><recordID>28816</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Maharani, Aulia
title Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD N 2 Karangtalun Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/28816/1/03._HALAMAN_AWAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/6/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/7/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/11/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28816/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Karangtalun yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan partisipasi belajar yang tercermin dalam mengajukan pertanyaan dengan presentase pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 47,23% dan pada siklus II 77,78%. Partisipasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus 33,33%, pada siklus I 63,89% dan pada siklus II 86,11%. Partisipasi belajar siswa dalam memberikan tanggapan pada pra siklus 16,67%, pada siklus I 44,44% dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyampaikan ide/gagasan pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 55,56%, dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi pada pra siklus 44,44%, pada siklus I 61,11%, dan pada siklus II 83,34%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥70 dan nilai rata – rata kelas. Pada pra siklus presentase ketuntasan 22,22%, pada siklus I 50% pada siklus II menjadi 86,11%. Nilai rata – rata kelas juga mengalami peningkatan pada pra siklus 53,72 pada siklus I menjadi 64,86, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,89. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD N 2 Karangtalun tahun 20013/2014.
id IOS2728.28816
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:29Z
recordtype dc
_version_ 1765810776560369664
score 17.538404