ctrlnum 28814
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/28814/</relation><title>Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014 </title><creator>Astuti, Dwi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran Think-Talk- Write (TTW). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap,&#xD; yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman&#xD; wawancara, tes, pedoman pengkajian data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan&#xD; triangulasi metode. Indikator keberhasilan yaitu pencapaian 75% pada masingmasing indikator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Matematika. 1) kesiapan siswa mengikuti pembelajaran siklus I 67,2%&#xD; siklus II 80,4% 2) keaktifan siswa dalam diskusi dengan teman siklus I 65,2% siklus II 82,6% 3) kesanggupan siswa mengerjakan soal siklus I 58,7% siklus II 84,8% 4) keberanian mengajukan pertanyaan siklus I 50% siklus II 79,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas&#xD; V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Astuti, Dwi (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510100176</relation><recordID>28814</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Astuti, Dwi
title Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/28814/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28814/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran Think-Talk- Write (TTW). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, pedoman pengkajian data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Indikator keberhasilan yaitu pencapaian 75% pada masingmasing indikator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Matematika. 1) kesiapan siswa mengikuti pembelajaran siklus I 67,2% siklus II 80,4% 2) keaktifan siswa dalam diskusi dengan teman siklus I 65,2% siklus II 82,6% 3) kesanggupan siswa mengerjakan soal siklus I 58,7% siklus II 84,8% 4) keberanian mengajukan pertanyaan siklus I 50% siklus II 79,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014.
id IOS2728.28814
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:29Z
recordtype dc
_version_ 1765810776556175360
score 17.538404