Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Astuti, Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28814/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/ |
ctrlnum |
28814 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/28814/</relation><title>Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014 </title><creator>Astuti, Dwi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran Think-Talk- Write (TTW). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap,
yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman
wawancara, tes, pedoman pengkajian data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Indikator keberhasilan yaitu pencapaian 75% pada masingmasing indikator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Matematika. 1) kesiapan siswa mengikuti pembelajaran siklus I 67,2%
siklus II 80,4% 2) keaktifan siswa dalam diskusi dengan teman siklus I 65,2% siklus II 82,6% 3) kesanggupan siswa mengerjakan soal siklus I 58,7% siklus II 84,8% 4) keberanian mengajukan pertanyaan siklus I 50% siklus II 79,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas
V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28814/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Astuti, Dwi (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510100176</relation><recordID>28814</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Astuti, Dwi |
title |
Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/28814/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28814/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran Think-Talk- Write (TTW). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap,
yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman
wawancara, tes, pedoman pengkajian data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Indikator keberhasilan yaitu pencapaian 75% pada masingmasing indikator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Matematika. 1) kesiapan siswa mengikuti pembelajaran siklus I 67,2%
siklus II 80,4% 2) keaktifan siswa dalam diskusi dengan teman siklus I 65,2% siklus II 82,6% 3) kesanggupan siswa mengerjakan soal siklus I 58,7% siklus II 84,8% 4) keberanian mengajukan pertanyaan siklus I 50% siklus II 79,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas
V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. |
id |
IOS2728.28814 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:28Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810776556175360 |
score |
17.538404 |