Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan ana k melalui bermain balok angka. Dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Banyurip 1 Desa Banyurip Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak melalui bermain balok angka, yakni sebelum tindakan 45%, siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 80%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya mengembangkan kemampuan berhitung permulaan dapat dilakukan melalui bermain balok angka pada anak kelompok B di Tk Banyurip1 DesaBanyuripKecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014.