PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI MENDONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 NGEPRINGAN KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013/ 2014
Main Author: | Qondari, Eight |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28768/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/6/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/8/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/18/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28768/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak melalui Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan. Dengan jenis penelitian PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Pertiwi 1 Ngepringan, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kecerdasan emosional anak melalui mendongeng dengan media boneka tangan, yakni sebelum tindakan 40%, siklus I mencapai 67% dan siklus II mencapai 80% atau lebih. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak dapat dilakukan melalui Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan.