UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI METODE BERMAIN PLASTISIN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH XI SAREN KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | Kustinah, Siti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28766/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/2/3.BAB_I_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/3/4.BAB_II_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/4/5.BAB_III_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/5/6.BAB_IV_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/6/7.BAB_V_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/8/8.DAFTAR_PUSTAKA_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/10/9.LAMPIRAN_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/11/11.NASKAH_PUBLIKASI_SITI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28766/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Kreativitas anak pada kelompok B di TK Asyiyah XI Saren Kalijambe Sragen melalui bermain Plaastisin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perkembangan kreativitas anak melalui kegiatan bermain plastisin pada setiap siklusnya. Kemampuan anak berkembang dari prasiklus 44,44% menjadi 52,5% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya berkembang menjadi 62,5% dan siklus III menjadi 77,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain plastisin dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di TK Aiyiyah XI Saren Kalijambe Sragen.