Perbandingan Pembelajaran Biologi Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Main Author: Lindhawati, Puput Ayu
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28757/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/19/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28757/
Daftar Isi:
  • Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis design kelompok pre-eksperimen perbandingan statisticgroup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar biologi melalui strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan membagi subjek menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Pada kelompok kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS). Sedangkan pada kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) melainkan menggunakan metode pembelajaran ceramah atau metode konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen TPS adalah 76,95 sedangkan pada kelas eksperimen TSTS 80,50 dan pada kelas kontrol 77,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan penelitian: terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura yang melakukan pembelajaran menggunakan strategi belajar TPS, TSTS, maupun konvensional. Strategi belajar TSTS lebih efektif digunakan dalam pembelajaran yang dilakukan pada kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi belajar TPS maupun konvensional.