Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) Dengan Media Bahan Manipulatif Pada Materi Pecahan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: Rahayu, Sari
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28750/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28750/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dengan menggunakan media bahan manipulatif pada siswa kelas V SD N 03 Popongan Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan sejumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan media bahan manipulatif dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V SD N 03 Popongan Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Sesuai indikator motivasi belajar ditunjukkan bahwa secara klasikal, persentase motivasi belajar siswa sudah meningkat, pada pra siklus sebesar 23,74%, siklus I sebesar 50,51% dan pada siklus II menjadi 89,1%.