Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Team Assisted Individualization (TAI) (Studi PTK pada Siswa Kelas VIII semester Genap SMP Negeri 2 Ngemplak tahun ajaran 2013/2014)

Main Author: Candrasari, Erlinda Novia
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28714/1/1.Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/2/2.BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/4/3.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/5/4.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/6/5.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/8/6.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/9/7.Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/11/8.Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/13/9.Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28714/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Team Assisted Individualitazion (TAI) . Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Team Assisted Individualization. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Kemauan siswa dalam memperhatikan pelajaran sebesar 71,88%, 2) Kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan sebesar 78,13%, 3) Kemauan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebesar 71,88%, 4) Kemauan siswa dalam mengerjakan latihan mandiri sebesar 81,25%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.