Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan keaktifan belajar matematika bagi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta melalui strategi pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Kedua, peningkatan minat belajar matematika yaitu a) antusias siswa dari kondisi awal 26,08%, siklus I 52,17% dan siklus II 66,67%, b) mengerjakan tugas dari kondisi awal 30,43%, siklus I 43,49%, dan siklus II 76,19%, c) mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 21,74%, siklus I 30,43%, dan siklus II 52,38%. Ketiga, peningkatan keaktifan belajar matematika yaitu a) siswa yang mengungkapkan ide dari kondisi awal 8,7%, siklus I 17,39%, dan siklus II 52,38%, b) mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 21,74%, siklus I 30,43%, dan siklus II 52,38%,c) menjawab pertanyaan dari kondisi awal 34,78%, siklus I 56,52%, dan siklus II 66,67%, d) mempresentasikan pekerjaan dari kondisi awal 13,04%, siklus I 17,39%, dan siklus II 57,14%.